Upaya perdamaian dalam pertikaian.

0
158

Tribratanewsluwu.id- Adalah suatu upaya penyelesaian sebuah persoalan diluar proses pengadilan, yg dalam istilah hukum disebut Restorasi justice atau keadilan restoratif. Lalu apa yg dimaksud dengan Restoratif ?. Restoratif berasal dari kata Restorasi sedangkan kata Restorasi itu adalah istilah umum yang merujuk kepada dua pengertian; pertama, pengembalian atau pemulihan sesuatu kepada bentuk dan kondisi semula, dan yang kedua adalah bisa berarti Pemugaran dari suatu sistim yang tidak berfungsi. Jadi Restorasi Justice berarti suatu upaya menentukan keadilan untuk pemulihan atau pemugaran. Sehingga olehnya itu Istilah Restorasi justice ini biasa digunakan pada perdamaian suatu perselisihan.

Sehubungan dengan penjelasan diatas, unit Reskrim polsek walenrang telah melakukan penyelesaian kss dengan cara Restorasi justice, terhadap persoalan perselisihan yang berakibat penganiayaan terhadap korban berinisial H, dimana dalam laporannya yang melakukan Aniaya tsb adalh lel. DO.

Dalam upaya Restorasi Justice tsb, telah dipertemukan kedua belah pihak yang bertikai, hal mana pertemuan itu dimediasi oleh Bhabinkamtibmas Brig pol. Irwan, dan lurah Bosso, serta Babinsa Bosso pelda Hendra. Turut hadir dalam mediasi tersebut masing-masing orang tua yg bertikai serta tokoh Masyarakat kelurahan Bosso. Jumat (19/06/2020).

Pada saat pertemuan dan mediasi tersebut, kedua belah pihak yg bertikai bersefakat untuk berdamai dan tidak akan memperpanjang persoalan, dengan catatan pihak pelaku lel. DO harus berjanji utk tdk mengulangi lagi perbuatannya baik kepada korban lel. H maupun kepada orang lain. Setelah terjadi kesefakatan tersebut diatas, lalu dibuatkan surat pernyataan dan surat kesefakatan damai lalu ditanda tangani kedua belah pihak, dan juga ditanda tangani oleh yang menyaksikan perdamaian terjadi. Setelah semua hal itu dilalui, lalu keduanya dipersilahkan untuk saling memaafkan dengan jalan saling berjabat tangan, yang berarti bahwa keduanya tdk akan menyimpan dendam serta kedua belah pihak menganggap persoalan ini telah selesai.

Brigadir Nasri selaku Kanit Reskrim polsek walenrang menyatakan bahwa Restorasi justice dalam perkara ini dilakukan dengan alasan karena permintaan kedua orang yang bertikai tsb bersama keluargannya, disamping itu juga didasari atas pertimbangan bahwa kedua belah pihak masih satu wilayah tempat tinggal, dan masih memiliki hubungan keluarga, serta akibat luka yg dialami korban dalam penganiayaan tidak akan membahayakan jiwa korban itu sendiri. Sehingga olehnya itu setelah perdamaian dianggap selesai, perkara ini kami tutup dan tidak kami lanjutkan lagi prosesnya. Tegas Brigadir Nasri.

Kapolsek walenrang Akp Samuji menyikapi hal ini dan menyatakan bahwa bila mana Masyarakat akan berdamai dalam persoalannya, maka hal itu suatu hal yang baik, dan harus disikapi dengan benar oleh pihak penyidik yang menangani persoalannya dan harus direspon oleh Bhabinkamtibmas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here