Tudang Sipulung, desa Salu lino kecamatan walenrang utara.

0
114

Tribratanewsluwu.id- Tudang sipulung adalah kegiatan musyawarah masyarakat desa yang biasanya dilakukan untuk membahas masa turun sawah dan menetapkan masa tanam padi.

Tentunya dalam musyawarah ini menghadirkan unsur terkait seperti penyuluh pertanian, pemerintah desa yang akan menjelaskan tentang kesamaan tanam dalam musim tanam serta jenis benih padi yang akan ditanam. Disamping itu biasanya turut hadir tokoh masyarakat atau tokoh adat yang akan memberi masukan dalam musyawarah dengan memperhatikan prosfektif budaya dan kebiasaan atau adat istiadat sebelum memutuskan waktu musim tanam.

Senin (29/06/2020), kanit Binmas polsek walenrang Aiptu Harry meshak menghadiri giat tudang sipulung yang berlangsung di desa Salulino yang dirangkaikan dengan syukuran musim panen yang baru berlalu. Turut hadir dalam acara tersebut antara lain BPP walenrang utara bpk. Ansar, SP. Kepala desa Salu lino bpk. Masdi, Babinsa Salulino Pelda Suharman, dan para ketua kelompok Tani desa salu lino kecamatan walenrang utara. Dalam musyawarah ini telah diputuskan bahwa musim tanam di desa salu lino jatuh pada bulan Juni sampai bulan oktober 2020.

Ketika dikonfirmasi secara terpisah, kapolsek walenrang Akp. Samuji mengemukakan bahwa ia mengutus Aiptu Harry Meshak dalam acara Tudang sipulung di desa Salu lino, dengan maksud sebagai pengamanan sekaligus untuk memberi motivasi kepada masyarakat petani bahwa Polisi selalu hadir dalam setiap kegiatan masyarakat, demikian kata Akp. Samuji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here