SUKSES PROBLEM SOLFING

0
103

Tribratanewsluwu.id – Sebidang lahan tanah kering di dsn Se’pon desa saragi kec. Walenrang kab. Luwu, telah diklaim oleh prp. MAMA ARFAN yang diakuianya sebagai warisan dari orang tuanya. Akan tetapi selama ini, lahan tersebut ditanami pohon sagu oleh orang tua Prp. Mama Senni.

Pada tgl 9 juni 2020, prp. Mama ARFAN mengelolah lahan tersebut diatas dan merubahnya dalam bentuk sebidang Sawah, dengan cara membabat habis semua tanaman yg ada diatas lahan itu, tanpa terlebih dahulu menyampaikannya kepada orang lain.

Oleh karena prp. Mama Arfan itu telah berbuat semena mena atas hak orang tua Mama Senni, maka hal itu membuat Mama Senni mengkomplin prp. Mama Arfan di kantor desa Saragi dengan maksud agar Mama Arfan mengganti rugi semua Tanaman yang telah di tanam oleh orang tua Mama Senni diatas lahan tersebut.

Hari Jumat 12 juni 2020, kepala desa Saragi TIKU SIA”TAN, mencoba menyelesaikan Komplin mama Senni kepada Mama Arfan tersebut, dengan cara Musyawarah di kantor desa saragi dan mendudukkan ketua BPD Saragi Bpk. Sailing, tokoh Masyarakat bpk Andarias Bijak, dan Bhabinkamtibmas ds. Saragi Aipda Trihartono, sebagai penengah dan pembicara.

Dari hasil musyawarah itu, terbit kata sefakat dari kedua belah pihak yang berkomplin bahwa,

  1. antara Mama Arfan dan Mama Senni telah berdamai serta tidak akan memperpanjang lagi persoalan itu.
  2. Mama Arfan bersedia mengganti rugi tanaman sagu orang tua Mama Senni sebanyak 5 batang pohon sagu dengan nilai uang sebanyak Rp. 2.000.000. ( dua juta rupiah ).

Kapolsek wakenrang Akp Samuji sangat mengapresiasi penyelesaian persoalan didalam masyarakat dengan jalan Musyawarah, dan menekankan Babin kamtibmas agar lebih berperan aktif dalam setiap penyelesaian persoalan didalam wilayah desa binaannya, agar jangan terlalu cepat dibawa kedalam penyekesaian hukum bila persoalan itu dapat dimusyawarakan.

secara terpisan hal ini dikonformasi kepada bpk Andarias Bijak selaku tokoh Masyarakat, dan membenarkan adanya penyelesaian persoalan ini, dan sangat mendukung kehadiran Babinkamtibmas dalam setiap penyelesaian persoalan dalam masyarakat untuk memberikan masukan masukan dan pencerahan hukum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here