Gugus Covid-19 Luwu Siapkan Puluhan Ribu Tes Rapid dan Masker Gratis

0
117

tribratanewsluwu.id – Kabupaten Luwu kini tengah menyusun berbagai langkah kongkrit menuju ‘New Normal’ sebagaimana yang diagendakan Pemerintah Pusat dikomandoi langsung Presiden RI Joko Widodo.

Rapat Koordinasi pun digelar Tim Gugus Tugas Covid-19 Luwu dipimpin Ketua Harian AKBP Fajar Dani Susanto, S.I.K, M.H yang berlangsung di tribun lapangan Andi Djemma, Belopa Minggu (31/05/20).

AKBP Fajar menyampaikan kepada semua anggota tim Gugus Covid-19 Luwu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Unit Kerja, para Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk bersiap menjalani tatanan baru.

“Pemerintah sedang mempersiapkan langkah-langkah new normal, karena itu kita tak boleh pasrah, makanya kita perlu persiapkan normal baru,” ujar Kapolres Luwu ini.

Pelaksanaan new normal Tim Gugus akan memberikan perhatian khusus pada fasilitas-fasilitas umum.

“Akan ada surat edaran, di depan tempat toko dan pusat keramaian diwajibkan ada tempat cuci tangan,” tegas AKBP Fajar.

Dari Rp.19 M total anggaran penanganan pandemi covid -19 di Luwu, baru Rp.2,9 Miliar terserap dan masih ada sisa dana sebesar Rp.16,1 M.

”Kita rencanakan pembelian rapid tes sebanyak 20 ribu, dengan adanya alat tersebut kita akan lakukan rapid tes massal di titik-titik rawan pandemi,” kata Kapolres Luwu.

“Masker kita akan usulkan dilakukan pembelian dan disalurkan ke wilayah pedesaan, tentu kita lakukan terus langkah sosialisasi,” lanjutnya.

Tim Gugus Covid-19 Luwu juga akan menerapkan kawasan tertib masker, terkhusus di kawasan umum pusat aktifitas masyarakat atau keramaian. Warga yang tidak patuh memakai masker akan ditindak langsung oleh Polri dan TNI sesuai protap Covid-19.

“Jika masih bandel tidak menggunakan masker tentu akan kita karantina di Barambing selama 3 hari “ujar AKBP Fajar.

Harapannya, di Luwu new normal bukan sesuatu yang euforia tetapi teraplikasi betul dan konsisten berjalan.

Penekanan lain, soal adanya agenda pertemuan khusus atau pesta pernikahan tetap dilarang dan tidak diberikan ijin, termasuk konser musik, sekolah masih tetap diliburkan dan proses belajar dialihkan di rumah saja.

“Sesuai perintah Bapak Kapolri ,bahwa jajaran kepolisian bersama TNI lebih tegas menyambut new normal Pandemi Covid-19 sesuai instruksi Bapak Presiden RI Jokowi” ungkap Fajar.

Intinya mengoptimalkan kinerja gugus tugas di tingkat desa, kita akan konsultasikan ke pihak Kejaksaan Luwu.

( Andi Syahrir )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here