Apa Itu Hari Bhayangkara ?

0
80

tribratanewsluwu.id- Sampai saat ini banyak yang mengira bahwa Hari Bhayangkara merupakan peringatan ulang tahun atau terbentuknya Kepolisian RI (POLRI). Akan tetapi, hari Bhayangkara merupakan hari Kepolisian Nasional yang diambil dari turunnya Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 1946.

Dahulu kepolisian itu merupakan suatu jawatan yang masuk dalam lingkungan kementrian dalam negeri, dan kemudian pada tanggal 01 Juli 1946 ditetapkan berdasarkan Pepres no.11 tahun 1946, bahwa kepolisian menjadi satu jawatan tersendiri di bawah pimpinan Perdana Mentri.

Kemudian seiring dengan berkembangnya dalam era Reformasi, POLRI membentuk dirinya sehingga sampai saat ini menjadi satu kelembagaan yang dipimpin Kapolri yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Kata Bhayangkara berasal dari istilah yang digunakan Patih Gadjah Mada dari Majapahit untuk menamai pasukan keamanan yang ditugaskan menjaga Raja dan kerajaan kala itu.

Itulah sebabya sehingga hari Bhayangkara itu diperingati setiap tanggal 01 Juli dan sampai 01 juli 2020 nanti, menjadi hari Bhayangkara yang ke-74.

Peringatan hari Bhayangkara dalam tahun ini, memunculkan banyak kalangan dalam masyarakat, mulai dari kalangan TNI, pemerintah desa sampai kepada kalangan komunitas dalam masyarakat.

Memberi ucapan peringatan hari Bhayangkara, dengan menggelar pemasangan baliho bertuliskan kalimat selamat dan ungkapan terima kasih atas pelayanan POLRI serta apresiasi kepada untuk peningkatan kinerjanya

Di wilayah hukum Polsek Walenrang, pemasangan baliho ini digelar di kantor Koramil, kantor-kantor pemerintahan se-kecamatan dan semua kantor desa yang ada di kecamatan Walenrang.

Kapolsek Walenrang AKP Samuji sendiri menyikapi pemasangan baliho itu sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas kehadiran POLRI di tengah-tengah masyarakat.

“Khusus di wilayah hukum polsek Walenrang menunjukkan adanya sinergitas antara POLRI dan TNI serta pemerintah setempat dan masyarakat dalam memelihara Kamtibmas.

“Ini tentunya sudah sangat seiring dengan thema petingatan hari Bhayangkara kali ini, KAMTIBMAS KONDUSIF, MASYARAKAT SEMAKIN PRODIKTIF” tutup AKP Samuji saat diwawancarai oleh tim reporter ngopinews.id di Mapolsek, Rabu (24/06/20).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here