0
63

Tribratanewsluwu.id- Peraturan Bupati Luwu nomor 107 thn 2020, adalah peraturan yang dibuat oleh pemerintah Kabupaten Luwu sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Desease 2019 (covid-19), yang didalamya mencamtumkan beberapa subyek pengaturan antara lain perorangan, pelaku usaha, pengelolah atau penyelenggara yang melakukan aktifitas kegiatan, serta instansi pemerintah atau lembaga negara yang berada di kabupaten Luwu.

Untuk perorangan diwajibkan menggunakan masker dengan benar setiap berinteraksi dengan orang lain yang belum diketahui status kesehatannya, untuk pelaku usaha diwajibkan untuk tidak membuat kegiatan yang mengakibatkan berkumpulnya massa tanpa adanya Rekomendasi dari pejabat yang berwenang, untuk penyelanggara atau pengelolah suatu kegiatan diwajibkan untuk mamatuhi protokol kesehatan dalam penyelenggaraan suatu kegiatan, sedangkan untuk instansi pemerintah atau lembaga negara diwajibkan untuk memberikan Akses informasi dan dukungan terhadap tenaga medis dalah hal pelaksanaan tracking suspect covid-19 atau dalam hal upaya pencegahan penyebaran covid-19 itu.

Senin (14/09/2020), Kapolsek Walenrang bersama anggota polsek Walenrang, dan Anggota koramil Walenrang, serta Petugas medis dari tim percepatan penanganan covid-19 , mulai melaksanakan sosialisasi penerapan peraturan bupati Luwu nomor 107 thn 2020 itu, yang dimulai dengan melakukan inspeksi penggunaan Masker dan penyedian sarana cuci tangan serta ruang tunggu pelayanan umum di kantor kantor instansi pemerintah antara lain, kantor Camat Walenrang, kantor kelurahan Bulo kecamatan Walenrang, Bank BRI Unit Walenrang, kantor Camat Walenrang utara, Kantor koramil Walenrang, kantor pos Damkar sektor Walenrang, dan kantor Pelayanan terpadu Walmas Kabupaten Luwu.

Dalam sosialisasi yang dilakukan secara inpeksi tersebut masih ditemukan, beberapa instansi pemerintah atau lembaga negara yang tidak menerapkan protokol kesehatan secara baik dan benar antara lain, masih ditemukan adanya pegawai yang tidak menggunakan Masker, masih ditemukan pengunjung ditempat pelayanan yang tidak menjaga jarak, masih ada kantor instansi yang tidak menyiapkan sarana cuci tangan, serta sarana cuci tangan yang tidak terjaga dengan baik dan bersih.

Kapolsek Walenrang AKP. SAMUJI selaku ketua Tim dalam sosialisasi tersebut menghimbau kepada semua kepala kantor yang dikunjungi saat ini, agar selalu meperhatikan protokol kesehatan, dan mulai menerapkan peraturan Bupati Luwu nomor 107 thn 2020, serta harus berani memberi tindakan atau sanksi kepada pegawai bawahannya yang tidak mengindahkan peraturan Bupati Luwu itu.

Lebih jauh Kapolsek Walenrang menyampaikan himbauan kepada para pengunjung kantor kantor instansi pemerintah agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan, antara lain selalu jaga jarak, selalu mencuci tangan, selalu memakai Masker dengan baik dan benar. Dan bagi orang yang tidak mematuhi protokol kesehatan tersebut akan diberi sanksi sesuai peraturan Bupati no 107 thn 2020. Maskerku adalah untuk melindungi diriku dari penyebaran covid-19, dan Maskermu adalah untuk mencegah dirimu dari penyebaran covid-19, tegas “AKP SAMUJI”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here